Mendagri Minta FKUB Petakan Potensi Konflik

Mendagri Minta FKUB Petakan Potensi Konflik
Mendagri Minta FKUB Petakan Potensi Konflik
JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengingatkan, belakangan banyak konflik terjadi hanya karena dipicu persoalan kecil. Namun menjadi besar hanya karena informasi-informasi berkembang sedemikian rupa di tengah masyarakat.

"Seperti kasus Lampung, itu hanya gara-gara masalah perempuan jatuh dari sepeda motor, ditolong, lalu memegang bagian tubuh. Akhirnya 14 orang meninggal dunia karena konflik. Jadi harus diredam semua peristiwa yang berpotensi menimbulkan konflik," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Indonesia di Jakarta, Senin (19/10) malam.

Untuk itu Gamawan berharap  FKUB yang berada langsung di tengah-tengah masyarakat, ke depan dapat lebih berperan aktif dalam memberi pemahaman yang baik terhadap umat beragama di daerah masing-masing.

Karena pada hakekatnya, konflik-konflik yang terjadi dewasa ini, bukan berlatarbelakang agama. Selain itu, mantan Gubernur Sumatera Barat ini juga berharap FKUB dapat memetakan akar penyebab konflik sedini mungkin.

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengingatkan, belakangan banyak konflik terjadi hanya karena dipicu persoalan kecil. Namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News