66 Persen Daerah Terpencil Kurang Guru

66 Persen Daerah Terpencil Kurang Guru
66 Persen Daerah Terpencil Kurang Guru
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengatakan, dari sisi jumlah, ketersediaan guru di Indonesia sudah mencukupi. Bahkan rasio murid dengan guru sudah mengalahkan Jerman dan Korea Selatan.

"Jumlah guru di Indonesia tahun 2012 mencapai sekitar 2,9 juta jiwa dengan ratio guru dan murid sekitar 1:18. Ratio tersebut mengalahkan Jerman (1:20) dan Korea Selatan (1:30)," kata Raihan Iskandar, dalam rapat kerja dengan jajaran Kemdikbud di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (22/11).

Permasalahaan ketersediaan guru yang dihadapi Indonesia saat ini, lanjut Raihan, lebih disebabkan karena penyebarannya tidak merata.

Di Aceh misalnya, ada satu kecamatan yang guru PNS-nya hanya 18 orang. "Padahal ada sembilan SD Negeri di situ. Mereka meminta kepada saya untuk menambah jumlah guru di sana. Ini satu bukti daerah kekurangan guru yang disebabkan oleh penyebaran yang tidak merata tadi," bebernya.

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengatakan, dari sisi jumlah, ketersediaan guru di Indonesia sudah mencukupi. Bahkan rasio murid dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News