Terjunkan Mahasiswa Tingkat Akhir Praktik Mengajar di SMK

Atasi Kelangkaan Guru Produktif

Terjunkan Mahasiswa Tingkat Akhir Praktik Mengajar di SMK
Terjunkan Mahasiswa Tingkat Akhir Praktik Mengajar di SMK
JAKARTA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia ternyata masih minim guru-guru yang produktif. Untuk mengatasinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menerjunkan mahasiswa tingkat akhir untuk mengajar di SMK yang masih kekurangan guru produktif.

"Dari 161.656 guru SMK, baru 22 persen guru produktif yang ada di SMK-SMK," kata Surya Dharma, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Kemdikbud, dalam konferensi pers Peringatan Hari Guru di Kemdikbud, Kamis (22/11) petang.

Dia menjelaskan, SMK sebagai pencetak lulusan berbasis keterampilan harus memiliki jumlah guru produktif yang memadai. Idealnya, minimal 50 persen dari total guru SMK merupakan guru produktif.

Sementara kriteria guru produktif ialah para guru yang mengajarkan praktik keterampilan di SMK, seperti industri, mesin, otomotif, atau keterampilan lainnya. "Banyak terjadi kekurangan di bidang tekhnologi informasi, kelautan, kesehatan," ungkap Surya.

JAKARTA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia ternyata masih minim guru-guru yang produktif. Untuk mengatasinya, Kementerian Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News