Monumen PDRI Bakal Dibangun di Koto Tinggi

Disiapkan Dana Rp 268 Miliar dan Lahan 50 Hektar

Monumen PDRI Bakal Dibangun di Koto Tinggi
Monumen PDRI Bakal Dibangun di Koto Tinggi
JAKARTA – Setelah melalui proses penelitian yang panjang, akhirnya pemerintah mewujudkan pembangunan Monumen Bela Negara di Koto Tinggi, Payakumbuh, Sumatera Barat. Monumen itu sebagai penanda bahwa di daerah yang masuk Kabupaten 50 Kota itu pernah berdiri Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) selama kurun 1948-1849.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Surya Helmi di sela-sela pertemuan tokoh masyarakat Sumbar di Jakarta, Sabtu (24/11) menjelaskan, Monumen PDRI itu  dibangun demi mengenang dan melestarikan nilai-nilai perjuangan para founding fathers Negara Kesatuan RI.

“Pembangunan PDRI ini sebagai bukti bahwasanya pernah terjadi sejarah yang selama ini dilupakan, padahal itu suatu rangkaian sejarah, dan ini tidak boleh hilang,” kata Surya\.

Dia menjelaskan, dari seminar nasional bertema "PDRI dan Penguatan Pembangunan Nasionalisme dan Karakter Bangsa" di Sumbar, pada 13-14 November lalu, ternyata banyak generasi muda yang sudah lupa dengan sejarah yang terjadi di daerahnya sendiri. “Bahkan ada yang tidak tahu. Ini memang harus diingatkan, jangan sekali-kali lupakan sejarah, Jasmerah, kata Bung Karno,” ujar Surya.

JAKARTA – Setelah melalui proses penelitian yang panjang, akhirnya pemerintah mewujudkan pembangunan Monumen Bela Negara di Koto Tinggi, Payakumbuh,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News