Kamis, 23 Oktober 2014 | 15:43:04
Home / Pendidikan / Pendidikan / Tambahkan Jam Pelajaran Agama di Kurikulum Baru

Sabtu, 24 November 2012 , 18:47:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali meyakini perubahan kurikulum pendidikan 2013 bakal berdampak positif pada para peserta didik. Pasalnya, dengan perubahan kurikulum itu maka jam belajar mata pelajaran agama juga akan bertambah.

"Ahli-ahli kurikulum tidak gegabah, pasti tidak berakibat buruk terhadap kualitas pendidikan nasional, tetapi saya yakin bertambah baik pada kualitas pendidikan kita," kata Suryadharma  di Jakarta, Sabtu (24/11).

Menurutnya, mata pelajaran pendidikan agama dalam kurikulum baru memang perlu ditambah. Hal itu didasari makin merosotnya moral bangsa karena kurangnya pendekatan agama di tengah-tengah masyarakat.

"Itulah kenapa anak didik kita perlu penanaman agama yang memadai. Salah satunya memberi waktu yang lebih banyak," katanya.

Menag juga mengaku tengah menjalin kerjasama dengan Mendikbud, Mohammad Nuh, guna memanfaatkan hari libur panjang untuk kegiatan yang bermanfaat bagi peserta didik. "Seperti pondok pesantren kilat bagi siswa muslim, begitu juga non-Islam ke tempat yang bisa mendapatkan pendidikan keagamaannya," jelas SDA.

Sedangkan untuk sekolah berbasis Islam seperti madrasah, lanjut Menag, akan mengikuti kurikulum nasional. Dalam kurikulum yang sedang dirumuskan saat ini, di MI dan MTS memiliki muatan agama yang lebih banyak.(Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 26.11.2012,
        09:50
        rifi
        Pelaksanaan pendidikan yg diekesekusi dua institusi yakni kemedikbud dan kemenag. Adalah awal sumber bencana, kenapa tdk kemendikbud sj yg melaksanakan, saat ini kemeng sangat tdk dteril dengan korupsi, mulai dari manipulasi pada saat sertifikasi, sampai pd rehab sekolah syarat dengan korupsi terutam di kab. Lombok timur yg kakandepagnya dari unsur KONTRAKTOR From mobile
      2. 26.11.2012,
        09:38
        Prihatin
        Pak yang penting diadakan lagi pendidikan budi perkerti, karena sekarang moral-moral udah pada bejad, di Depag aja tempatnya orang korupsi.
      3. 26.11.2012,
        03:21
        yusuf
        Pak, departen yg bapak pimpin itu juaranya korupsi. Itu isinya org yg tahu agama semua. Mending org atheis tapi jujur dibanding org beragama tapi korupsi. Najissss From mobile
      4. 25.11.2012,
        12:33
        rya
        pak surya yg terhormat,apa nggak sebaiknya moral pemimpin dan guru sebagai ujung tombak dulu yg mesti lebih di dekatkan pada agama..
      5. 25.11.2012,
        06:03
        iponk
        yang penting bukan jam pelajaran yang ditambah tapi contoh kepemimpinanlah yang perluah ditambah,
      6. 24.11.2012,
        21:01
        dono
        tidak sedikit elite parta agama macam PPP, PKB yg sangat mendalam teori agamanya EH KORUPSI JUGAK....anak LEBIH BUTUH TAULADAN !!