Terburuk Sepanjang Sejarah

Terburuk Sepanjang Sejarah
Para pemain nasional Indonesia tertunduk lesu usai dikalahkan Malaysia dalam kompetisi AFF Cup di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia (1/12). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos
JAKARTA -- Kekalahan 0-2 Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil Kuala Lumpur, Sabtu (1/12) malam membuat Indonesia terdepak dari pagelaran AFF 2012.

Prestasi ini merupakan yang terburuk buat Indonesia di sepanjang keikutsertaannya di AFF Cup (dulu bernama Piala Tiger). Meski tak pernah juara, tapi pencapaian timnas memang cukup bagus, yakni menjadi empat kali runner up. Masing-masing tahun 2000, 2002, dan 2004, dan 2010 dan menjadikan Indonesia negara terbanyak peraih runner-up dari seluruh negara peserta Piala AFF.

"Timnas memang pernah tidak lolos dari penyisihan grup pada tahun 2007. Tapi itu bukan karena kekalahan, timnas saat itu tidak lolos karena hanya kalah selisih gol," jelas pengamat sepakbola, Gita Suwondo via telepon, Sabtu (1/12) malam.

Meski demikian, Gita tidak ingin menyalahkan Nil Maizar sebagai pelatih. Itu karena komposisi pemain timnas saat ini memang apa adanya. "Nil Maizar tidak bisa disalahkan karena meramu pemain yang apa adanya," jelas Gita.

JAKARTA -- Kekalahan 0-2 Tim Nasional (Timnas) Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil Kuala Lumpur, Sabtu (1/12)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News