Selamatkan TKI Pemerintah Malaysia Layak Diapresiasi

Selamatkan TKI Pemerintah Malaysia Layak Diapresiasi
Selamatkan TKI Pemerintah Malaysia Layak Diapresiasi
JAKARTA-- Kali ini pemerintah Malaysia telah menyelamatkan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari upaya penyekapan agen perekrut tenaga kerja asing di sebuah gedung di Bandar Baru Klang, Selangor Sabtu (1/12) lalu. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pun mengaapresiasi otoritas keamanan Negeri Jiran itu.

Dalam operasi penggerebekan itu, polisi menangkap tiga pria berkewargaan Malaysia yang merupakan pegawai agensi, termasuk lima WNI dan empat orang berkebangsaan Kamboja serta Filipina sebagai supervisor agensi di lokasi tersebut. Sementara itu, dari 105 tenaga kerja asing yang diselamatkan, 95 di antaranya TKI sektor informal Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT). Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan pihaknya menguncapkan terima kasih dan mengapreasi langkah tersebut.

Namun Jumhur berharap pemerintah Malaysia tidak berhenti dalam kasus ini dan menyelesaikan kasus-kasus yang menyangkut TKI lainnya. “Kita harap upaya kepolisian Malaysia yang bekerjasama dengan satuan imigrasinya tidak berhenti dalam kasus ini saja, karena nasib dan kehormatan TKI harus diselamatkan baik dari jeratan maupun tindakan penawanan para pelaku tidak bertanggungjawab,” jelas Jumhur di Jakarta, Selasa (4/12).

Jumhur melanjutkan, para pelaku penyekapan telah merencanakan mengangkut sejumlah TKI tidak berdokumen untuk diberangkatkan ke Malaysia. Bahkan, tindakan para pelaku secara sengaja menjadikan TKI sebagai korban human trafficking (perdagangan orang) agar bisa bekerja tanpa dokumen sah di negara itu.

JAKARTA-- Kali ini pemerintah Malaysia telah menyelamatkan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari upaya penyekapan agen perekrut tenaga kerja asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News