Menkes Targetkan 65 Juta Remaja Paham Kondom

Cuma 35 Persen yang Gunakan Pengaman

Menkes Targetkan 65 Juta Remaja Paham Kondom
Menkes Targetkan 65 Juta Remaja Paham Kondom
JAKARTA-- Angka remaja yang terinfeksi HIV/AIDS akibat seks bebas semakin meningkat. Kementerian Kesehatan pun akan meningkatkan sosialisasi pemanfaatan dan pengunaan kondom di kalangan remaja. Menkes Nafsiah Mboi menargetkan 65 juta remaja Indonesia paham kegunaan kondom.

"HIV tiap tahun semakin meningkat terus. Sebagian besar berusia antara 20-29 tahun. Ini berarti,  dia terinfeksi 5 tahun sebelumnya. Berarti dia terinfeksi saat remaja," ungkap Nafsiah dalam acara National Condom Week 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/12).

Terjadinya fenomena ini, pemerintah akan terus meningkatkan pengetahuan mengenai perilaku seks beresiko dengan mencakup  65 juta generasi muda Indonesia yang berusia 15-24 tahun. "Ini mesti dicapai agar mereka berpengetahuan lengkap soal kesehatan reproduksi. 80 persennya at risk. Ini karena yang menggunakan kondom hanya 35 persen, makanya HIV meningkat. Yang menjalani pengobatan saja hanya 65 persen," sebutnya.

Nafsiah menjelaskan, dari data yang ada saat ini, sebagian besar penderita HIV / AIDS di Indonesia adalah berusian di bawah 40 tahun. Sedangkan anak-anak yang berusia di bawah 14 tahun terinfeksi HIV/AIDS disebabkan karena tertular dari ibunya.

JAKARTA-- Angka remaja yang terinfeksi HIV/AIDS akibat seks bebas semakin meningkat. Kementerian Kesehatan pun akan meningkatkan sosialisasi pemanfaatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News