AIDS Kian Mengerikan, Setahun 78 Ibu Hamil Terinfeksi

AIDS Kian Mengerikan, Setahun 78 Ibu Hamil Terinfeksi
AIDS Kian Mengerikan, Setahun 78 Ibu Hamil Terinfeksi
PENULARAN virus mematikan HIV/AIDS di Jakarta semakin mengerikan. Sasarannya pun tidak pandang bulu, karena bisa menyerang siapa saja. Salah satunya yang paling rentan adalah para ibu hamil. Sepanjang Januari-Desember 2012 ini saja, setidaknya terdapat 78 ibu hamil di Ibukota terinfeksi virus yang belum ditemukan obatnya ini.

Penanggungjawab Program HIV dan AIDS Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dicky Alsadik, mengungkapkan, jumlah ibu hamil yang mendapatkan pelayanan program pencegahan HIV dari ibu ke anak (PMTCT) dari Januari hingga September 2012 sebanyak 78 orang. Periode sebelumnya, atau Januari hingga Desember 2011, jumlah ibu hamil yang mendapatkan layanan PMTCT sebanyak 108 orang. “Meski menurun, namun jumlah tersebut masih tergolong besar,” kata Dicky, saat konferensi pers di salah satu kafe di Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Dicky mengatakan, untuk bayi yang hidup dari ibu HIV positif periode Januari hingga Desember 2011 sebanyak 31 orang. ”Sedangkan, untuk tahun ini, jumlah bayi dari ibu HIV positif sebanyak 24 bayi,” terangnya.

Lebih lanjut katanya, ibu hamil yang mayoritas ibu rumah tangga, sebagian besar ditulari oleh suaminya yang memiliki perilaku dengan risiko tertular HIV yang tinggi. Bayi terinfeksi HIV dari orang tuanya saat proses persalinan, menyusui dan transfusi darah. “Saat ini, HIV sudah merambah skala keluarga. Tidak ada lagi yang menghambat bahkan orang yang tidak tahu apa-apa bisa tertular virus yang menyerang kekebalan tubuh itu,” terangnya.

PENULARAN virus mematikan HIV/AIDS di Jakarta semakin mengerikan. Sasarannya pun tidak pandang bulu, karena bisa menyerang siapa saja. Salah satunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News