Jutaan Anak Dikepung Jajanan Berbahaya

Jutaan Anak Dikepung Jajanan Berbahaya
Jutaan Anak Dikepung Jajanan Berbahaya
GEMPURAN pangan jajanan anak sekolah (PJAS) berbahaya tidak kunjung bisa teratasi. Saat ini diperkirakan 30 juta anak sekolah dikepung PJAS jahat karena mengandung formalin, boraks, serta zat pewarna beracun seperti rhodamin B dan methanyl yellow.

Zat-zat kimia tadi masuk kategori berbahaya karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa memicu kanker. Sampai saat ini, upaya perlindungan anak-anak sekolah dari jajanan berbahaya itu terus dijalankan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala BPOM Lucky S. Slamet menuturkan, pihaknya menetapkan penanganan jajanan anak sekolah masuk dalam agenda Gerakan Nasional Menuju PJAS yang aman, bermutu, dan bergizi. ”Gerakan nasional ini diluncurkan oleh Wakil Presiden Boediono awal 2011 lalu,” katanya, Minggu (9/12).

Lucky mengatakan, secara umum keberadaan jajanan berbahaya sudah bisa mereka tekan dari tahun ke tahun. Tetapi masih belum disebut semua jajanan anak-anak sekolah sudah terbebas dari zat kimia berbaya. Sampai pertengahan tahun ini, BPOM melansir jika 76 persen sampel PJAS yang mereka teliti sudah masuk kategori aman.

GEMPURAN pangan jajanan anak sekolah (PJAS) berbahaya tidak kunjung bisa teratasi. Saat ini diperkirakan 30 juta anak sekolah dikepung PJAS jahat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News