Ini Dia Cara Ikuti SNMPTN Gratis

Ini Dia Cara Ikuti SNMPTN Gratis
Ini Dia Cara Ikuti SNMPTN Gratis
JAKARTA – Pemerintah resmi menggratiskan biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dari jalur undangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi agar bisa mengecap pendidikan tinggi.

 

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Prof Akhmaloka, saat launching SNMPTN 2013 di Kemdikbud, Senin (10/12) malam, menjelaskan, ada ketentuan umum, khusus dan persyaratan yang harus dipenuhi agar calon mahasiswa bisa mengikuti SNMPTN jalur undangan secara gratis. “SNMPTN ini merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya,” kata Akhmaloka.

 

Dijelaskannya, siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa SMA, SMK, MA, MAK dan sekolah RI di luar negeri. Siswa tersebut harus sudah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan basis data tentang rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. Artinya, siswa peserta SNMPTN harus memiliki rekam jejak prestasi di PDSS.

 

Kemudian sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data sekolah beserta prestasi siswanya di PDSS melalui laman khusus yang telah disediakan. Kemudian, siswa pelamar juga harus membaca ketentuan yang berlaku pada masing-maisng PTN di laman PTN yang dipilih.

 

JAKARTA – Pemerintah resmi menggratiskan biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News