Ikke Nurjannah Tunggu Pengakuan UNESCO

Ikke Nurjannah Tunggu Pengakuan UNESCO
Ikke Nurjanah. Foto: JPNN
MUSIK dangdut masuk nominasi warisan budaya tak benda UNESCO. Itu membuat Ketua Harian Umum Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia Ikke Nurjanah tersenyum lebar.

Selangkah lagi, usahanya bersama pedangdut lainnya tidak sia-sia. ”Jangan ada negara lain yang lebih dulu mengklaim musik dangdut sebagai kebudayaan mereka,” ujarnya.

Setahun belakangan, kata dia, pihaknya melakukan riset dan mengumpulkan data untuk membuktikan musik dangdut asli Indonesia dan layak menjadi warisan dunia tak benda UNESCO. ”Kami sudah mengumpulkan bukti-bukti dari tahun lalu. Sudah ada tim analisa untuk itu,” ungkap penyanyi kelahiran Jakarta, 18 Mei 1974 itu. 

Menurutnya, cukup sulit mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Namun, dia yakin bisa segera mewujudkan harapan insan dangdut tanah air. ”Harus optimis. Pelaku sejarah dangdut di Indonesia masih hidup sekarang, salah satunya Rhoma Irama. Dia bisa menceritakan secara ilmiah jika dangdut itu asli milik Indonesia,” katanya. (ash)

MUSIK dangdut masuk nominasi warisan budaya tak benda UNESCO. Itu membuat Ketua Harian Umum Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia Ikke Nurjanah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News