DPR : Jangan hanya Yamanie, Periksa Hakim Lain

DPR : Jangan hanya Yamanie, Periksa Hakim Lain
DPR : Jangan hanya Yamanie, Periksa Hakim Lain
JAKARTA -- Hakim Agung Yamanie memang sudah dipecat. Namun Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengatakan Komisi Yudisial seharusnya tidak hanya mengusut  Ahmad Yamanie. Namun, kata dia, KY harus memeriksa juga hakim-hakim agung lain terkait  kasus dugaan pemalsuan putusan terdakwa narkoba.

"Saya menghargai bila KY hendak menyelidiki motif Yamanie memalsukan putusan. Namun seharusnya KY tidak hanya mengubek-ubek Yamanie saja. Ini kan putusan majelis sifatnya kolegial, bila ada perbedaan pendapat bisa dibuat disenting," kata Aboebakar.

"Nah, mana mungkin Yamanie bisa mengubah putusan sedangkan majelis yang lain tak tahu menahu. Bagaimana mungkin pula ini bisa dilakukan sendiri oleh Yamanie, lantas dimana fungsi panitera," tambahnya.

Aboebakar menjelaskan soal vonis seharusnya diputuskan bersama oleh majelis. Menurut dia, sepatutnya seorang hakim mengetahui output dari putusannya sendiri. "Inikan menyangkut nasib seseorang. Saya rasa dalam sebuah sistem peradilan tidak mungkin seorang hakim memalsukan putusan, saya tidak yakin Yamanie bisa bekerja sendirian," ujarnya.

JAKARTA -- Hakim Agung Yamanie memang sudah dipecat. Namun Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengatakan Komisi Yudisial seharusnya tidak hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News