PSK Masuk Kota, Penyebaran HIV/AIDS Makin Luas

PSK Masuk Kota, Penyebaran HIV/AIDS Makin Luas
PSK Masuk Kota, Penyebaran HIV/AIDS Makin Luas
SAMPIT – Penyebaran virus HIV/Aids di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) semakin sulit dikendalikan. Ini lantaran semakin banyak pekerja seks komersial (PSK) yang beroperasi di kawasan perkotaan. PSK dengan berbagai modus ini tidak hanya beroperasi di lokalisasi sehingga menyulitkan pemerintah untuk melakukan pemantauan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim, dr Faisal Novendra mengatakan, pendataan pada Maret sampai Oktober 2012 lalu, terdapat sebanyak 39 penderita HIV di daerah ini. Tidak hanya para penjaja seks, penyakit itu juga telah menjangkiti ibu rumah tangga yang tertular dari suami mereka yang diduga suka gonta-ganti pasangan.

“Penyakit ini sudah menular hampir ke semua profesi, baik itu pengusaha, PNS, pekerja swasta bahkan remaja dan bayi,“ ujarnya.

Diakuinya, ada kendala yang dihadapi saat ini untuk mencegah penularan penyakit tersebut. Banyak PSK beroperasi di luar lokalisasi, baik itu warga lokal maupun pendatang, sehingga sulit untuk dipantau, padahal para PSK tersebut adalah kelompok yang rawan tertular maupun menularkan HIV/AIDS.

SAMPIT – Penyebaran virus HIV/Aids di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) semakin sulit dikendalikan. Ini lantaran semakin banyak pekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News