Dangdut dan Jamu Menunggu Pengakuan UNESCO

Dangdut dan Jamu Menunggu Pengakuan UNESCO
Dangdut dan Jamu Menunggu Pengakuan UNESCO
JAKARTA – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendhu Nuryati mengatakan, sederetan budaya Indonesia saat ini masih menunggu pengakuan dari UNESCO. Pengakuan itu menurutnya penting agar Negara lain tidak mudah mengklaim budaya yang dimiliki Indonesia.

“Seringkali kita merasa kecolongan oleh negara lain dengan klaim atas kekayaan budaya yang kita miliki. Namun itu tidak akan mengecilkan budaya Indonesia,” kata Wiendhu saat membuka Saman Summit 2012 di Plaza Museum Fatahillah, Jakarta, Jumat (14/12) malam.

Dia menegaskan bahwa kebudayaan adalah sebuah identitas bangsa, karena itu memiliki asal usul dan kepemilikan yang jelas. Dengan semakin sering budaya bangsa dipertontonkan dalam berbagai macam variasi dan kekayaan ekspresi budaya, maka akan semakin berkembang budaya itu baik secara nasional maupun dunia.

Inilah yang menjadi alasan pemerintah terus berupaya mengajukan sederetan kekayaan budaya Indonesia dalam sidang Lembaga PBB untuk Bidang Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan UNESCO. Terakhir kali budaya Indonesia yang mendapat pengakuan sebagai warisan dunia tak benda dari UNESCO ialah tas rajutan atau anyaman multifungsi Noken, kerajinan tangan rakyat Papua.

JAKARTA – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendhu Nuryati mengatakan, sederetan budaya Indonesia saat ini masih menunggu pengakuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News