PDSS Bisa Cegah Kecurangan Sekolah

PDSS Bisa Cegah Kecurangan Sekolah
PDSS Bisa Cegah Kecurangan Sekolah
MAKASSAR -- Pemerintah menambah porsi jumlah mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan pada pelaksanaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Sebanyak 60 persen dari total kuota kursi PTN tahun depan akan diisi melalui seleksi ini. Setiap PTN bisa mengalokasikan 50-60 persen kuota kursinya untuk jalur ini.

   

Seluruh siswa diperkenankan ikut melalui jalur ini. Pemerintah yang akan menyeleksi lewat mekanisme seleksi berdasarkan nilai rapor dan ujian nasional (UN). Syaratnya, di tahap awal, para kepala sekolah harus memasukkan data para siswa ke dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui laman resmi PDSS.

   

Pembantu Rektor I bidang Akademik UNM, Prof Dr Sofyan Salam mengatakan, mekanisme ini bisa saja terjadi kecurangan. Pasalnya, kepsek bisa memanipulasi data yang dimasukkan. Dia pun mengingatkan para kepsek untuk tidak curang karena sanksi akan menanti.

   

"Tidak hanya kepala sekolah yang akan diberikan sanksi. Tapi sekolah yang curang dalam mengisi data pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) bisa masuk dalam daftar hitam sekolah bermasalah," katanya.

   

MAKASSAR -- Pemerintah menambah porsi jumlah mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan pada pelaksanaan Seleksi Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News