Kronologis Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Gunung Salak

Kronologis Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Gunung Salak
Kronologis Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Gunung Salak
JAKARTA – Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transporasi (KNKT), merilis kronologis saat-saat jatuhnya pesawat Sukhoi superjet 100 di Gunung Salak, 9 Mei 2012 lalu. Berikut rinciannya:

1. Pukul 14.20 WIB, pesawat tinggal landas dari landasan 06, Halim Perdana Kusuma, yang berbelok ke kanan hingga mengikuti radial 200 HLM VOR, dan naik ke ketinggian 10.000 kaki dari permukaan laut. Penerbangan direncanakan menggunakan aturan terbang secara instrument Flight Rules (IFR) selama 30 menit, dengan bahan bakar untuk 4 jam. Wilayah yang diijinkan area Bogor, sementara pilot memunyai asumsi penerbangan telah disetujui untuk terbang kea rah radial 200 HLM VOR sejauh 20 NM.

2. Pukul 14.24 WIB, pilot melakukan komunikasi dengan Jakarta Approach dan memberikan informasi bahwa pesawat telah berada pada radial 200 HLM VOR dan telah mencapai 10.000 kaki.

3. Pukul 14.26 WIB, pilot minta ijin turun ke ketinggian 6.000 kaki serta untuk membuat orbit (lintasan melingkar) ke kanan. Ijin diberikan petugas Jakarta Approach. Hasil invetigasi menyebut, pilot turun dan membuat orbit agar tidak terlalu tinggi untuk proses pendaratan di Halim.

JAKARTA – Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transporasi (KNKT), merilis kronologis saat-saat jatuhnya pesawat Sukhoi superjet 100

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News