365 Ribu Ton Sampah Dibuang ke Laut Kepri

365 Ribu Ton Sampah Dibuang ke Laut Kepri
365 Ribu Ton Sampah Dibuang ke Laut Kepri
BATAM - Laut Kepulauan Riau menjadi lokasi pembuangan sampah raksasa. Setidaknya, ada 365 ribu ton sampah yang hanyut ke laut Kepri setiap tahunnya. Sampah-sampah itu mengalir ke pantai-pantai di Kepri terbawa ombak.

Petugas dari Dinas Pengelola Sumber Daya kelautan dan Perikanan, KP2K Provinsi Kepri, Eddiwan, menduga sampah itu dibuang di tengah laut oleh kapal yang lalu lalang di sekitar perairan Kepri. "Hasil survei yang kita lakukan di tahun 2010, ada sekitar 365 ribu ton sampah yang dibuang ke laut Kepri setiap tahunnya. Itu merupakan limbah yang luar biasa," ujar Eddi dalam acara workshop bagi wartawan di Batam, Sabtu (22/12).

Jumlah sampah itu terus meningkat setiap tahunnya dikarenakan bertambahnya jumlah kapal yang lalu lalang di perairan Kepri. "Di laut Kepri ada sekitar 10 ribu kapal. Setiap harinya diduga kapal-kapal itu membuang 10 kg limbah sampah kelaut. Bayangkan saja 10 tahun ke depan, laut Kepri akan seperti apa. Pasti penuh oleh sampah kalau tidak cepat diatasi," terangnya.

Eddi menjelaskan, sanksi tak bisa diberikan kepada orang di atas kapal yang membuang sampah di laut. Pasalnya, sampah-sampah itu selalu dibuang ketika kapal berada di tengah laut dan tak terpantau petugas.

BATAM - Laut Kepulauan Riau menjadi lokasi pembuangan sampah raksasa. Setidaknya, ada 365 ribu ton sampah yang hanyut ke laut Kepri setiap tahunnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News