Awas, 2013 Puncak Kongkalingkong Anggaran

Awas, 2013 Puncak Kongkalingkong Anggaran
Awas, 2013 Puncak Kongkalingkong Anggaran
JAKARTA - Praktik kongkalingkong untuk menggangsir anggaran negara diprediksi akan berlanjut pada 2013 dan 2014. Meningkatnya kebutuhan biaya politik diprediksi menyebabkan praktik korupsi anggaran APBD/APBN bakal lebih banyak.

Menurut kajian Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM), praktik menggangsir anggaran adalah bagian dari upaya partai politik dan kadernya untuk mengumpulkan dana kampanye. "Karena itu, pada tahun-tahun politik, praktik kongkalingkong akan semakin banyak," ujar Kepala Divisi Advokasi Pukat Oce Madril di Jakarta, Sabtu (22/12).

Tahun 2013, setidaknya akan ada Rp 1.600 triliun yang dikeluarkan untuk belanja negara. Mafia anggaran diyakini akan memaksimalkan upaya memperoleh bagian melalui praktik mafia anggaran maupun mafia proyek.

Pukat menilai sejumlah kementerian yang rawan korupsi di tahun ini dan tahun 2013 adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain alokasi anggaran lebih besar, sebagian besar kementerian tersebut dikuasai kader partai politik.

JAKARTA - Praktik kongkalingkong untuk menggangsir anggaran negara diprediksi akan berlanjut pada 2013 dan 2014. Meningkatnya kebutuhan biaya politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News