Minggu, 26 Oktober 2014 | 06:36:22
Home / Berita Daerah / Jateng / Bus Wajib Ngetem di Terminal

Rabu, 26 Desember 2012 , 08:51:00

BERITA TERKAIT

TASIK - Sebagai upaya optimalisasi Terminal Indihiang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika  (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya  meminta semua perusahaan bus dapat mengikuti aturan yang telah disepakati. Salah satunya bus wajib berada di dalam terminal, 30 menit sebelum keberangkatan.

“Saya harap semua pihak dapat ikut mendukung dan mengikuti semua aturan yang berlaku. Untuk itu bus wajib ngetem dulu di terminal sebelum keberangkatan,” ujar Kepala Dishubkominfo Kota Tasikmalaya H Aay Zaini Dahlan Atd saat dihubungi Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) kemarin.

Ia menjelaskan, untuk bisa kembali meramaikan terminal, langkah awal yang perlu ditempuh yakni menyadarkan penumpang dan sopir untuk membiasakan diri naik dan turun di dalam terminal. Untuk itu pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi aturan tersebut kepada perusahaan supaya bisa dijalankan oleh kondektur maupun pengemudi.

”Ini aturan yang telah disepakati bersama antara Dishub dan perusahaan, kini tinggal ketegasan kami. Jika memang membandel akan kita cabut izin trayek,” tegasnya.

Aay menambahkan, ke depan, sirkulasi angkutan yang masuk terminal juga akan didesain ulang, agar mempermudah penumpang yang turun mendapatkan angkutan kota (angkot) atau bus untuk menyambung perjalanan. Dengan begitu, penumpang tidak akan keluar dari terminal.

“Kita segera akan buka jalan dari belakang, tapi ini perlu waktu dan perlu dana untuk buat jalan masuknya, bagi kemudahan penumpang,” ungkapnya.

Sebelumnnya, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menggelar sidak ke terminal. Pada kesempatan itu, ia meminta agar fungsi Terminal Indihiang dioptimalkan.

Sementara itu, untuk memastikan instruksinya bisa berjalan dengan baik, kemarin, Budi kembali melakukan sidak. “Saya datang kembali ke sini ingin memastikan apakah instruksi saya dijalankan atau tidak, selain melihat perkembangan yang ada di terminal,” tuturnya.

Dari hasil pantauannya yang kedua itu, Budi mengatakan ada beberapa poin penting yang harus diapresiasi terhadap kinerja Dishub dan perangkat terminal. Salah satunya mulai ramainya penumpang yang naik turun meskipun tidak terlalu signifikan.

”Saya cukup terkesan dengan tindakan cepat tanggap dari Dishub dan perangkat terminal. Namun saya tegaskan masih perlu kerja keras agar optimalisasi ini bisa berjalan sesuai harapan,” tandasnya. (kim)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar