Menjaga Kamtibmas, TNI Membantu Polisi

Menjaga Kamtibmas, TNI Membantu Polisi
Menjaga Kamtibmas, TNI Membantu Polisi
MATARAM-Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mengemban tugas baru. Selain operasi militer, mereka juga ikut membantu tugas polisi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Namun, tidak berada sebagai pasukan terdepan. Mereka berada di belakang, jika ada peristiwa yang membutuhkan bantuan aparat. Artinya, TNI AD dapat memberikan bantuan tanpa ada permintaan lebih dulu dari pihak kepolisian. ‘’Kita punya tugas membantu polisi. Kita berada di belakang mereka, tapi bukan berarti kita pasif,’’ kata Dandim 1606 Lobar Letkol Inf Hasnawi Siregar saat menyampaikan materi pada apel di makodim setempat, Rabu (26/12).

Ia menjelaskan, bantuan itu bersifat antisipasi terhadap gerakan separatis. Salah satunya membantu Polri dalam tugas kamtibmas. ‘’Misalkan seperti pada konflik di Karang Mas-Mas dengan Tohpati. Kita ikut membantu, namun posisi kita tetap di belakang,’’ jelasnya.

Dalam menjalankan tugas ini, pihaknya mengedepankan bintara pembina kamtibmas (babinkamtibmas) sebagai ujung tombak. Mereka tidak boleh menunggu polisi jika bertemu dengan persoalan yang menyangkut kamtibmas. ‘’Babin bertindak kalau memang belum ada polisi. Kemudian, menginformasikan dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian,’’ terang Hasnawi.

MATARAM-Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mengemban tugas baru. Selain operasi militer, mereka juga ikut membantu tugas polisi terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News