Era SBY Tuntas, Caleg PD Harus Kerja Keras

Era SBY Tuntas, Caleg PD Harus Kerja Keras
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demoktrat, Saan Mustopa (baju kotak-kotak) di sela-sela acara bakti sosial pengobatan gratis bagi warga Desa Cintawargi, Karawang, Jawa Barat, Minggu (30/12).
JAKARTA - Calon legislatif (caleg) Partai Demokrat (PD) harus bekerja keras agar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 nanti bisa terpilih sebagai anggota DPR. Sebab, partai yang kini dipimpin Anas Urbaningrum itu tak bisa lagi menjadikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai "barang dagangan" mengingat era kekuasaannya segera berakhir karena sudah menjadi presiden untuk dua periode.

Menurut pengamat politik dari Charta Politica, Yunarto Wijaya, PD dalam Pemilu legislatif (Pileg) 2004 dan 2009 bisa mendulang suara karena faktor SBY. "Jadi nanti saat Pileg 2014, caleg akan menjadi ujung tombak untuk mempertahankan basis pemilih PD. Harus ada caleg yang bisa menjadi semacam SBY di tingkat bawah," kata Yunarto saat hadir sebagai pembicara pada Pendidikan dan Pelatihan bagi Pemilih Pemula dan Relawan Saan Mustopa di Sanggabuwana, Karawang, Jawa Barat, Minggu (30/12).

Yunarto menambahkan, kini PD membutuhkan caleg yang memang benar-benar melakukan kerja politik untuk menarik suara dan membina konstituen. Namun sayangnya, kata Yunarto, tak banyak kader PD yang mau turun untuk melakukan kerja politik seperti halnya Saan Mustopa yang membuat jaringan di tingkat akar rumput dan membuat program yang bersentuhan langsung dengan konstituen.

Direktur Riset Charta Politika itu menjelaskan, menjadi relawan caleg justru bisa sebagai investasi bagi relawan itu sendiri. Sebab saat citra caleg terkerek, maka relawan pun minimal sudah memiliki modal jika nantinya memang mulai serius di politik. "Citra itu bukan hanya untuk kandidat, tapi juga relawannya," katanya.

JAKARTA - Calon legislatif (caleg) Partai Demokrat (PD) harus bekerja keras agar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 nanti bisa terpilih sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News