Datangkan Hakim untuk Sidang Akta Kelahiran

Datangkan Hakim untuk Sidang Akta Kelahiran
Datangkan Hakim untuk Sidang Akta Kelahiran
GEDONGTATAAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran akan mendatangkan hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Kalianda ke kecamatan untuk menggelar sidang pembuatan akta kelahiran. Ini terkait belum direvisinya UU No. 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Diketahui, berdasar UU No. 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan, anak berumur lebih dari satu tahun yang belum memiliki akta kelahiran harus melalui sidang pengadilan jika ingin memiliki akta kelahiran. Dalam sidang, orang tua harus menghadirkan dua saksi.

Sementara untuk anak berumur 61 hari hingga satu tahun bisa mendapatkan akta kelahiran dengan mengajukan rekomendasi kepada Disdukcapil. Sedangkan anak berumur di bawah 61 hari akan mendapatkan layanan akta gratis.

”Nah, UU itu kan belum direvisi hingga sekarang. Jadi, daripada beban masyarakat yang akan membuat akta kelahiran semakin berat, kami mendatangkan hakim. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu datang ke Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Kadisdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa kepada Radar Lampung (Grup JPNN), Minggu (31/12).

GEDONGTATAAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran akan mendatangkan hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Kalianda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News