Indonesia Runner Up Ekonomi Dunia

Indonesia Runner Up Ekonomi Dunia
Indonesia Runner Up Ekonomi Dunia
JAKARTA - Lima tahun gejolak krisis global seolah tak mampu menggoyahkan posisi Indonesia di jajaran  negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Bahkan, tahun 2012, Indonesia sukses meraih predikat sebagai runner up atau juara ke-2.

Menteri Keuangan Agus martowardojo mengatakan, proyeksi akhir menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan kalah dengan Tiongkok. Sedangkan negara lain seperti India atau Brasil,  pertumbuhan ekonominya di bawah Indonesia. "Jadi, kita negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik nomor dua di dunia," ujarnya kemarin (4/1).

Menurut Agus, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV 2012 diperkirakan mencapai kisaran 6,1 - 6,4 persen. Sehingga, sepanjang 2012 ekonomi Indonesia diproyeksi tumbuh hingga 6,3 persen. "Itu membuat kita optimistis," katanya.

Selain konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto atau investasi, motor pertumbuhan ekonomi Indonesia di periode akhir tahun lalu adalah belanja pemerintah yang naik signifikan. "Penyerapan (anggaran) yang baik sangat mendukung pertumbuhan ekonomi," ucapnya.

JAKARTA - Lima tahun gejolak krisis global seolah tak mampu menggoyahkan posisi Indonesia di jajaran  negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News