Harga Beras Tembus Rp8.700 per Kg

Harga Beras Tembus Rp8.700 per Kg
Harga Beras Tembus Rp8.700 per Kg
KARAWANG-Harga beras di Karawang terus mengalami kenaikan signifikan. Menurut para pedagang beras, lonjakan harga beras dialami untuk segala jenis beras. "Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan," kata Ateng salah satu pedagang beras di Pasar Induk Beras Johar kepada Pasundan Ekspres (Grup JPNN), Minggu (6/1).

Menurut Ateng, peningkatan harga beras telah terjadi sejak satu bulan lalu. Bahkan saat ini, beras jenis IR 64 dengan kualitas bagus menembus harga Rp8.700. Pemilik Toko Beras Jasa Usaha ini menerangkan, sudah hampir satu bulan ini harga beras terjadi kenaikan Rp400 sampai Rp500 per kilogram untuk segala jenis beras. "Sebelumnya hanya paling mahal Rp8.500," imbuhnya.

Meskipun tidak diketahui dengan pasti penyebab kenaikan harga beras, namun diperkirakan harga beras akan terjadi kenaikan hingga Februari. Dari informasi yang diterima para pedagang beras, kenaikan karena minimnya pasokan beras yang disebabkan oleh gagal panen dan baru dimulainya masa tanam. "Katanya kemarin gagal panen terus masa taman baru mulai jadi pasokannya juga berkurang. Mungkin itu penyebabnya," kata Ateng.

Saat ini, menurut Ateng pasokan beras di tokonya tidak berasal dari Karawang melainkan dari luar wilayah Karawang seperti Subang dan Indramayu. Sehingga biaya operasional untuk transportasi yang membengkak juga jadi penyebab dan ikut mendorong harga beras menjadi naik. "Kalau sekarang beras Karawang jarang, adanya dari Subang dan Indramaya. Untuk saat ini stok beras di kios saya aman.Tapi harga beras diprediksi masih akan naik," katanya.

KARAWANG-Harga beras di Karawang terus mengalami kenaikan signifikan. Menurut para pedagang beras, lonjakan harga beras dialami untuk segala jenis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News