Defisit Pertama Sejak 1961

Neraca Perdagangan Mengkhawatirkan

Defisit Pertama Sejak 1961
Defisit Pertama Sejak 1961
JAKARTA - Susutnya ekspor dan lonjakan impor menjadi kombinasi maut yang menghantam kinerja perdagangan internasional Indonesia. Akibatnya, neraca perdagangan pun mencapai titik terburuk dalam 50 tahun terakhir.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, defisit neraca perdagangan sepanjang 2012 harus diwaspadai. "Sebab, inilah pertama kalinya Indonesia mengalami defisit dalam 50 tahun terakhir," ujarnya dalam jumpa pers di Kemenkeu, Senin (7/1).

Mahendra menyebut, terakhir kali Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan pada 1961 di masa Orde Lama. Namun, jika hanya mengacu pada komoditas minyak dan gas, Indonesia juga pernah mengalami defisit neraca perdagangan pada 2008, meskipun jika secara total (migas dan nonmigas), neraca dagang Indonesia masih surplus di 2008. "Jadi, seumur hidup baru kali ini saya mengalami neraca dagang defisit," katanya.

Sebagai gambaran, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa akumulasi ekspor sepanjang Januari-November 2012 tercatat sebesar USD 174,76 miliar. Sedangkan akumulasi impor di periode sama mencapai USD 176,09 miliar. Sehingga, secara agregat terjadi defisit neraca dagang sebesar USD 1,3 miliar.

JAKARTA - Susutnya ekspor dan lonjakan impor menjadi kombinasi maut yang menghantam kinerja perdagangan internasional Indonesia. Akibatnya, neraca

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News