Sudah 420 Ribu Itik Mati Diserang Flu Burung

Sudah 420 Ribu Itik Mati Diserang Flu Burung
Sudah 420 Ribu Itik Mati Diserang Flu Burung
JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan, virus flu burung H5N1 Clade 2.3.2 sudah berjangkit di 12 provinsi dan telah menyebabkan lebih dari 420 ribu itik mati.

"Total kerugian ditaksir  mencapai Rp115 miliar," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini,  Selasa (15/1).

Fadli mengatakan pemerintah harus segera menetapkan status khusus wabah ini sebagai wabah nasional. Selain menimbulkan kerugian bagi petani itik, virus ini berpotensi menular ke manusia. "Seperti yang pernah dilaporkan terjadi di RRC, Hongkong, dan Bangladesh," paparnya.

Di sisi lain, lanjut Fadli, hal ini harus menjadi koreksi pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian khususnya Direktorat Jenderal Peternakan melakukan security control dan peredaran unggas. "Bisa jadi, dinas peternakan kurang  kontrol unggas masuk. Semua unggas yang masuk dari luar negeri mestinya dicek dan di awasi ketat," katanya.

JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan, virus flu burung H5N1 Clade 2.3.2 sudah berjangkit di 12 provinsi dan telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News