Satu WNI Selamat dari Penyanderaan di Aljazair

Upaya Pembebasan Tewaskan 30 Orang

Satu WNI Selamat dari Penyanderaan di Aljazair
Satu WNI Selamat dari Penyanderaan di Aljazair
AMENAS - Kementerian Luar negeri memastikan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) selamat dari penyanderaan yang dilakukan sekelompok sipil bersenjata di komplek lapangan gas milik British Petroleum (BP) di Amenas, Aljazair. Sebelumnya WNI berinisial AA dan lebih dari 200 pekerja di kompleks tambang kilang gas kota Inamenas-Tigaritourine-Ilizi, Aljazair, disandera oleh kelompok bersenjata.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, P.L.E. Priatna menyebutkan, AA telah berhasil selamat dari tragedi yang menewaskan puluhan jiwa itu. ‘’KBRI Alger menyampaikan bahwa AA telah berangkat menuju London kemarin malam (17/01) untuk meneruskan perjalanan ke tanah air,’’ ujar Priatna melalui siaran pers yang diterima JPNN Jumat (18/1)

Diberitakan sebelumnya, penyerangan kilang gas yang dikelola secara bersama oleh Aljazair Sonatrach, BP dan Norwegia Statoil ini terjadi pada hari Rabu pagi (16/1). Saat itu sekitar 20-25 anggota kelompok  bersenjata menyerang area kilang gas dan terjadi kontak senjata dengan aparat keamanan setempat. Saat itu dua pekerja berkebangsaan Inggris dan Aljazair tewas.

Kelompok bersenjata ini kemudian menyandera 41 orang pekerja berkewarganegaraan asing dan sekitar 200 pekerja Aljazair. Namun seperti dilansir Reuters, Jumat (18/1) pagi, operasi pembebasan yang dilakukan militer Aljazair telah berhasil membebaskan ratusan sandera.  Hanya saja 30 orang dilaporkan tewas dalam drama pembebasan itu.

AMENAS - Kementerian Luar negeri memastikan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) selamat dari penyanderaan yang dilakukan sekelompok sipil bersenjata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News