Jumat, 25 Juli 2014 | 22:16:43
Home / Politik / Pilkada / Tim Pemenangan Effendi-Djumiran Berang

Sabtu, 19 Januari 2013 , 09:01:00

BERITA TERKAIT

MEDAN - Tim kampanye pemenangan cagub Sumut (cawagubsu) dan cawagub Sumut, Effendi Simbolon dan Djumiran Abdi (ESJA) di Kota Tebingtinggi berang dengan pemberitaan soal polemik ulos yang diberikan para tokoh Batak. Bahkan, secara khusus, tim tersebut memanggil wartawan Sumut Pos (Grup JPNN) yang bertugas di kota lemang itu.

"Kalau dari segi politiknya kita tidak tahu apa yang diungkapkan Pak Effendi Simbolon, tetapi Gubsu yang nantinya memimpin Sumut harus bisa menaungi semua lintas etnis suku dan agama," bilang Wakil Ketua Tim Kampanye Pemenangan ESJA, Pardomuan Sitorus dan Sekretarisnya Surya Saragih di Kantor DPC PDIP Jalan Batubara Kota Tebingtinggi, Jumat (18/1).

Pardomuan yang juga Ketua DPD PPRN Kota Tebingtinggi itu menambahkan untuk menjadi pemimpin harus berjiwa nasionalis dan bukan kesukuan saja. Jadi, polemik itu tidak baik karena bisa membuat masyarakat Batak bingung.

"Jangan jelang Pilgubsu khususnya masyarakat Batak dibuat menjadi bingung," tegas Pardomuan yang juga mantan Ketua FKPPI Kabupaten Simalungun.

Pardomuan mengatakan, sejatinya banyak orang Batak yang tidak tahu budaya Batak.  “Jangan dikaitkan Pilgubsu dengan kesukuan," tambahnya.

Pardomuan pun meminta masyarakat Sumut untuk memilih lima calon gurbernur sesuai dengan visi dan misi. "Dalam Pilgubsu ini kita seharusnya memberikan ketenangan kepada masyarakat, jangan calon itu harus memahami budaya Batak dan ini jangan dipolitisir. Kita harus berjiwa nasional,"jelasnya.

Di sisi lain, anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik malah mengatakan Effendi Simbolon merupakan sosok yang arogan. Sehingga kejiawaan dan kredibilitas Effendi patut dipertanyakan.

“Saya menilai sosok seperti ini tidaklah pantas untuk memimpin di negeri ini khususnya di Sumatera Utara ini yangmemiliki kekayaan ragam budaya,” ujar Bernhard.

Disebutkan bahwa pemberian ulos kepada seseorang merupakan bentuk penghormatan kepada seseorang yang datang dan mau berkunjung tanpa harus melihat apa yang dibawa seseorang tersebut.

Pernyataan Effendi Simbolon menurutnya sangatlah tidak pantas dilontarkan apalagi dengan posisinya sebagai Cagubsu. “Bagaimana pula bila hal ini dialami oleh Effendi Simbolon dalam adat istiadat atau budaya orang lain" Karena saat ini Effendi Simbolon juga banyak menerima pemberian ulos di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (sam/rud/mag-3/hsl/pra) 
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 28.02.2013,
        00:31
        marultop slitonga
        lebih baik milih calon wakil gubernur yang jujur daripada calon gubernur yang korup, asal cakap dan ga tau malu.
      2. 13.02.2013,
        21:13
        Parna
        Batak tidak mencalonkan Wakil Gubernur, tapi Gubernur
      3. 05.02.2013,
        15:47
        Investigasi
        Behadao Amang Inang, Isedo manarihon hutatta. Ikkon Hita do naperduli jala manarihon hutatta. Adong nomor sada boasa nomor dua ? Horas.
      4. 05.02.2013,
        15:44
        Investigasi
        Effendi Simbolon, back to Basic mau membangun kampung halamannya (MARTABE) mari kesempatan emas ini kita pilih effendi Simbolon.
      5. 05.02.2013,
        15:42
        Investigasi
        Mungkinkah orang lain yang tidak punya pertalian apa2 dgn Tapanuli mau membangun Tapanuli ? Tidak mungkin sayang.. dia hanya butuh suara kita.
      6. 05.02.2013,
        15:39
        Investigasi
        Yang terpenting bagi kita adalah siapa yang berpihak dan mau mengakomadasi kepentingan kesejahteraan masyarakat Tapanuli, itulah yang kita pilih.
      7. 02.02.2013,
        17:20
        fran
        Mengapa kalau effendi simbolon diberi ulos koq ribu, pemberian itu sebagai bentuk kasih sayang, kalau orang melayu kasih bentuk lain silahkan
      8. 23.01.2013,
        23:54
        Dermawan
        TULISAN DI BAWAH INI KOK BERNADA KEBENCIAN ? BUDAYA BENCI BERTENTANGAN DENGAN BUDAYA AGUNG. APALAGI JIKA DIEKSPOSE DIMEDIA SOSIAL SPT INI
      9. 23.01.2013,
        10:21
        ard
        jaman walikan
        kepribadian
        ketahuan
        t anpa settingan
        bikin kita terheran
        inilah kenyataan
      10. 20.01.2013,
        15:05
        medan
        jgn sekali2 memilih si Effendi Simbolon,ketollannya sudah bikin malu orang batak aja.bgmn org setoll dia bisa mimpin sumut??