E-KTP Sumbar, Tuntas Dicetak

E-KTP Sumbar, Tuntas Dicetak
E-KTP Sumbar, Tuntas Dicetak
AGAM---Perekeman KTP elektronik (e-KTP) di Indonesia telah mencapai 175 juta orang, per Januari 2013. Dari jumlah tersebut, sebanyak 123 juta kartu e-KTP telah diterbitkan. Sementara untuk Sumatera Barat, lebih dari 5 juta perekaman data e-KTP, semuanya telah tuntas dicetak kartunya. KTP versi baru itu, diserahkan Mendagri Gamawan Fauzi kepada bupati dan wali kota serta gubernur di Aula IPDN Baso, Kabupaten Agam.

Gamawan Fauzi mengatakan, meskipun program e-KTP yang dilakukan sejak tahun 2011 telah mencapai target, tapi pemerintah daerah tetap diminta memberikan pelayanan, atau tidak berhenti melakukan perekaman e-KTP tiap hari. "Sebab, tiap hari, pasti ada masyarakat yang usianya bertambah menjadi 17 tahun," ujar mantan Gubernur Sumbar, itu.

Untuk biaya perekaman dan pecetakan e-KTP, Gamawan Fauzi menjelaskan, dibebankan pada APBN. Sebenarnya, kata Gamawan, program massal ini sudah berakhir tahun 2012 lalu. Tapi pemerintah memperpanjangnya, karena masih ada yang belum merekam dan tiap hari ada yang menginjak usia 17 tahun.

“Nanti kita akan ambil alih semua biaya, dan sekarang saya juga sudah menghitung untuk menghibahkan 6.234 peralatan perekeman data e-KTP di seluruh kecamatan di Indonesia. Proses perekaman tetap dilakukan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya," ungkapnya.

AGAM---Perekeman KTP elektronik (e-KTP) di Indonesia telah mencapai 175 juta orang, per Januari 2013. Dari jumlah tersebut, sebanyak 123 juta kartu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News