Proyek MRT dan Deep Tunnel Diprediksi Gagal

Proyek MRT dan Deep Tunnel Diprediksi Gagal
Proyek MRT dan Deep Tunnel Diprediksi Gagal
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki banyak mega proyek untuk mengatasi masalah Jakarta, terutama kemacetan. Programnya adalah proyek MRT (Mass Rapid Transit) dan Deep Tunnel (terowongan multifungsi). Namun proyek itu dinilai tidak akan maksimal sebelum pengelolaan air belum dituntaskan.

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan proyek MRT dan deep tunnel merupakan program besar Pemprov DKI Jakarta mengatasi masalah Ibukota, tapi itu tidak akan berhasil selama PR (pekerjaan rumah) besar berupa pengelolaan air tidak diselesaikan lebih dulu.

"Selama kita tidak mampu mengelola air dan kawasan, jangan harap kita membangun di bawah tanah dengan baik. Itu manajemen paling penting," tegas Nirwono dalam diskusi mencari solusi banjir Jakarta di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).

Menurut dia, sampai hari ini Jakarta tidak mempunyai masterplan bawah tanah. Sehingga bisa dibayangkan kalau program MRT dan deep tunnel dijalankan, maka akan terjadi tumpang tindih. Sebab, kedua proyek besar itu membutuhkan pembangunan di bawah tanah.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki banyak mega proyek untuk mengatasi masalah Jakarta, terutama kemacetan. Programnya adalah proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News