Tender Gedung Baru KPK Dibuka Awal Tahun Ini

Kontraktor Harus Bebas Konflik Kepentingan

Tender Gedung Baru KPK Dibuka Awal Tahun Ini
Tender Gedung Baru KPK Dibuka Awal Tahun Ini
JAKARTA - Proses pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) senilai Rp 225 miliar bakal dimulai tahun ini. Proses tender proyek multiyears (tahun jamak) itu terbuka untuk semua kontraktor.

"Tahun ini pembuatan fondasi, sehingga tender sudah harus selesai awal tahun ini," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Sabtu (19/1).

Meski tender dibuka untuk semua kontraktor, ia mengisyaratkan tidak semua kontraktor besar bisa turut serta dalam proses pembangunan gedung KPK. "Salah satu syaratnya adalah yang tidak punya conflict of interest dengan KPK," kata doktor ilmu hukum Universitas Padjadjaran Bandung itu.

   

Menurut Bambang, salah satu bentuk adanya konflik kepentingan dengan KPK adalah jika kontraktor tersebut tengah diperiksa kasusnya oleh komisi antikorupsi tersebut. Syarat ini tentu bakal menyulitkan kontraktor besar pelanggan proyek pemerintah seperti PT Adhi Karya Tbk. Sejumlah pejabat perusahaan kontraktor milik negara tersebut memang banyak berurusan dengan kasus-kasus yang ditangani KPK.

     

JAKARTA - Proses pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) senilai Rp 225 miliar bakal dimulai tahun ini. Proses tender proyek multiyears

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News