Pelantikan Obama di Hari Istimewa

Pelantikan Obama di Hari Istimewa
Pelantikan Obama di Hari Istimewa
WASHINGTON - Senin (21/1) besok merupakan hari istimewa bagi warga Amerika Serikat (AS), terutama keturunan Afrika (African-American). Hari itu ada dua perayaan yang digelar secara nasional.

Pertama, 21 Januari merupakan hari libur nasional untuk mengenang tokoh kulit hitam pejuang antidiskriminasi, Martin Luther King Jr. Tanggal tersebut merupakan hari lahir Martin Luther King Jr yang ditembak mati saat menyampaikan pidato di Memphis, Tennesse, 44 tahun silam. Kedua, Barack Hussein Obama akan diambil sumpahnya dan dilantik menjadi presiden ke-44 AS periode 2012-2016.

Ini merupakan masa jabatan kedua bagi Obama setelah memenangi pemilu presiden (pilpres) 6 November 2012. Presiden dari kubu Partai Demokrat ini unggul atas Mitt Romney, capres Partai Republik, dengan perolehan suara electoral college yang cukup signifikan.

Dalam sejarah AS, Obama merupakan presiden kulit hitam pertama setelah lebih dari dua abad negeri Paman Sam berdiri. Karena itu, pelantikan tersebut dipastikan menjadi sangat istimewa. Apalagi, dua penanda sejarah kebangkitan warga keturunan Afrika itu bertemu dalam satu hari.

WASHINGTON - Senin (21/1) besok merupakan hari istimewa bagi warga Amerika Serikat (AS), terutama keturunan Afrika (African-American). Hari itu ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News