Usulkan e-KTP jadi Identitas Tunggal di Dunia Maya

Lemsaneg Jamin Data KTP Elektronik Tetap Otentik

Usulkan e-KTP jadi Identitas Tunggal di Dunia Maya
Usulkan e-KTP jadi Identitas Tunggal di Dunia Maya
JAKARTA - Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) memastikan data dalam KTP elektonik (e-KTP) tetap aman baik isi maupun keasliannya. Artinya, data dalam e-KTP tetap tunggal dan tak bisa digandakan.

Kepala Direktorat Pengamanan Sinyal Deputi Pengamanan Persandian Lemsaneg, Pratama D Persadha mengungkapkan, selama ini sudah dikenal adanya modus kejahatan di dunia melalui penggandaan kartu ATM maupun kartu kredit. Menurutnya, hal serupa juga bisa terjadi pada e-KTP.

"Bagaimana bila e-KTP itu hilang atau dapat digandakan seperti halnya kartu kredit atau ATM?  Bila hal itu sampai terjadi, berarti data pada e-KTP tidaklah otentik," kata Pratama di Jakarta, Minggu (20/1).

Dipaparkannya, beragam permasalahan akan timbul ketika e-KTP resmi diberlakukan. Di antaranya adalah sulitnya menempatkan e-KTP tersebut menjadi suatu bentuk dokumen elektronik yang otentik. "Data identitas yang terdapat pada e-KTP haruslah dapat dibuktikan otentik, tidak dapat dicopy/digandakan, dihapus, diganti atau dipindahkan," tegasnya. 

JAKARTA - Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) memastikan data dalam KTP elektonik (e-KTP) tetap aman baik isi maupun keasliannya. Artinya, data dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News