Selasa, 25 November 2014 | 04:32:15
Home / Olahraga / Sepakbola / 22 Pemain ISL Kena Sanksi Komdis PSSI

Selasa, 22 Januari 2013 , 03:23:00

JAKARTA -- Setelah sempat tertunda, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya memberi sanksi kepada 22 pemain Indonesia Super League (ISL) yang tidak memenuhi panggilan timnas. Pemberian sanksi itu diambil dalam sidang komdis yang digelar di Kantor PSSI, Senin (21/1).

Komdis sebenarnya memanggil 22 pemain ISL itu dalam sidang Komdis PSSI pada 17 Januari. Tapi karena tidak satupun yang datang, sidang baru dilakukan hari ini yang kembali tidak dihadiri pemain-pemain ISL.

Komdis pun tetap mengelar sidang dan memutuskan menghukum mereka. Keputusan tersebut tertulis dalam SK (Surat Keputusan) 1-23/Kep/KD/Timnas S/1-13 Tanggal 21 Januari 2013.

"Komdis PSSI sudah memanggil pemain-pemain untuk memberikan keterangan dalam sidang Komdis. Namun setelah dua kali dipanggil, mereka tidak ada yang datang," ujar anggota Komdis Zuchli Imran di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (21/1).

Pemain-pemain ISL tersebut, terang Zuchli, terbukti melanggar pasal 78 ayat 1 Kode Disiplin PSSI yang berpedoman kepada AFC, FIFA dan statuta. Dalam keterangan persnya, Komdis memberi dua jenis sanksi.

Pertama, tidak boleh beraktivitas dalam dunia sepakbola selama enam bulan. Kedua, denda sebesar Rp 100 juta yang harus langsung ditransfer ke rekening PSSI. SK mengenai sanksi akan berlaku terhitung sejak diputuskan oleh Komdis

"Pemain-pemain tersebut terbukti bertingkah buruk, menolak panggilan timnas dalam pemusatan latihan kualifikasi Piala Asia. Dengan ini kami memutuskan, menghukum 22 pemain yang masuk dalam daftar pemanggilan timnas," jelasnya.

Wakil Komdis Catur Agus Saptono, menyebutkan, 22 pemain tersebut diberikesempatan untuk melakukan upaya banding hingga 14 hari setelah keputusan ini. (abu/jpnn)

Berikut daftar 22 pemain yang terhukum:

1. Boaz Solossa
2. Richardo Salampessy
3. Patrich Wanggai
4. Immanuel Wanggai
5. Ian Louis Kabes
6. Lukas Mandowen
7. Ortizan Solossa
8. I Made Wirawan
9. Atep
10. M. Ridwan
11. Tantan
12. Zulkifli Syukur
13. Ahmad Bustomi
14. M. Roby
15. Jailani Sibi
16. Ronal Setmop
17. Busari
18. Fachrudin Wahyudin
19. Samsul Arif
20. Victor Igbonefo
21. Greg Nwokolo
22. Irfan Raditya

Sumber: Komdis PSSI
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 26.01.2013,
        11:54
        ipand
        Hahaha pssi SAMPAH !!!! From mobile
      2. 23.01.2013,
        07:49
        SU'EB
        ga pengaruh sanksi dari djohar...emang djhar siapa?dia itu mmentingkn bisnisnya SI BOTAK SIAL,,dari pd mmntingkn masyrkt indonesia..
      3. 22.01.2013,
        19:50
        jojo
        Ipl ipl ipl ipl ipl ipl ipl = taaaiiiiiiiiiiiiiii... From mobile
      4. 22.01.2013,
        16:18
        marzuki badriawan
        Tunjukan taji mu PSSI, laporkan ke FIFA pemain pemain yang lebih memilih kepetingan golongan dibanding kepentingan bangsa negara
        From mobile
      5. 22.01.2013,
        16:10
        joharipin
        lucu..sanksi? ah cueikin aja bro..emang gue pikirin.. From mobile
      6. 22.01.2013,
        15:05
        cak rul
        sedikit-sedikit ngancam beri sanksi,
        sedikit-sedikit ngancam beri sanksi,
        ngancam beri sanksi kok sedikit-sedikit. IPL pemaine gak bermutu!!!
      7. 22.01.2013,
        13:13
        sam celeng
        @pro sepakbola: hartono itu siapa ya? ?? djohar bukan kubu bakri, tp bonekanya panigoro yg ga boleh mencalonkan diri. bnyak omong ga ada isinya..
      8. 22.01.2013,
        12:45
        Pro sepak bola Indonesia
        Coba runut dari awal...
        Johar arifin terpilih sebagai ketua PSSI, adalah jalur tengah. Bukan kubu bakri dan bukan kubu hartono/nurdin.
        Johar tidak mau menuruti keduanya.
        Maka, timbullah bencana sepak bola indonesia.
        Ingat, setelah itu timbullah kongres jancuk dan segala macamnya, kemudian lahir KPSI yg mengangkat la nyalla.
        Pemaen harusnya tidak terjebak pada politikus jancuk yg masuk ke dunia sepak bola. Ikuti saja, atao akui saja, organisasi yg dari dulu ada dan diakui dunia. Bukan karena kita ga suka SBY, lalu menghujat Indonesia, Itu goublok namanya.
        Kepada, sporter/pemerhati jgn jadi provokator. Kalian cuma bisa apa? Cuma jadi boneka para dalang. Dari dulu yg bener ya PSSI, kalo pengurusnya yg salah itu Oknum dan kelompok. Guoblok kok ga' mari2. Makanya pikir secara logis saja!, KPSI itu bikinan yg sakit hati. Dg modal gede se enak dewe. Jadi, mintalah PSSI direformasi, itu yg bener. Guoblok ga mari2... From mobile
      9. 22.01.2013,
        12:18
        No PSSI Johar
        MUNDURLAH KALIAN...JOHAR CS ..SAYA TAK PERDULI SANGSIMU
      10. 22.01.2013,
        11:05
        halma haramdzadah
        tanda pengurus PSSI Ipin Punya Liga sudah putus asa...... maju dengan Timnas Dengan pemain IPL takut babak belur terulang lagi....!!

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player