Bantu Korban, Kemen PU Gandeng Mahasiswa

Bantu Korban, Kemen PU Gandeng Mahasiswa
Bantu Korban, Kemen PU Gandeng Mahasiswa
JAKARTA - Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) bersama dengan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI), Universitas Trisakti, serta Universitas Satya Negara Indonesia melakukan bakti sosial ke wilayah Kampung Pulo, Bukit Duri dan Jati Asih dengan menyediakan kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi korban bencana banjir Jakarta.

   

Bantuan air bersih dan sanitasi ini diprioritaskan untuk lokasi-lokasi yang belum terjangkau bantuan. Selain dengan universitas, kerja sama juga dilakukan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan LAPI ITB. Ditjen Cipta Karya memfasilitasi sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi berupa Instalasi Pengolah Air (IPA) Mobile, Mobil Tangki Air, MCK Mobile, Toilet Knock Down, Jerigen, Tester Air Bersih, Tenda dan Hidran Umum (HU). Lokasi yang mendapatkan bantuan tanggap darurat bencana yaitu, daerah Jati Asih Bekasi yang dikoordinir oleh mahasiswa ITB dan IATPI, daerah Bukit Duri oleh Ditjen Cipta Karya, dan daerah Kampung Pulo oleh IDI, ITB, dan Ditjen Cipta Karya.

”Untuk penentuan lokasi dan distribusi kita serahkan kepada mahasiswa. Tiap-tiap tim mahasiswa akan kita dampingi untuk melakukan koordinasi dan supervisi. Sejak Sabtu, peralatan sudah dimobilisasi dari Gudang Ditjen Cipta Karya di Bekasi dan Pejompongan, langsung terpasang dan beroperasi untuk memproduksi air bersih dan sarana sanitasi selama masa tanggap darurat sampai 27 Januari 2013," kata Dirjen Cipta Karya Budi Yuwono di Jakarta, Selasa (22/1).

Menurut dia, sudah ada tiga lokasi yang akan mendapat bantuan tanggap darurat bencana yaitu, Jati Asih Bekasi yang dikoordinasikan oleh mahasiswa ITB, IATPI dan UI. Di tempat ini, satu IPA mobile, reservoar, dua truck tangki air, truck sampah serta 8 HU yang tersebar di beberapa titik.

JAKARTA - Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) bersama dengan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News