Lapas Sukamiskin setelah Ditetapkan sebagai Objek Wisata Sejarah

Kamar Bung Karno Membuat Pengunjung Penasaran

Lapas Sukamiskin setelah Ditetapkan sebagai Objek Wisata Sejarah
Pius Harjadi menunjukkan barang-barang yang menghiasi kamar tahanan Bung Karno di Lapas Sukamiskin, Bandung. Foto: Maya Apriliani/JAWA POS
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Bandung, seolah "hidup" lagi. Rumah tahanan bagi para koruptor itu kini juga menjadi objek wisata sejarah. Pengunjung bisa merasakan sensasi tidur bermalam di salah satu sel tahanannya.

 

 MAYA APRILIANI, Bandung

 

PENJARA Sukamiskin ditetapkan sebagai lapas pariwisata pada 8 Oktober 2012. Sejak itu, masyarakat umum diperbolehkan keluar masuk kompleks lapas tersebut seperti halnya memasuki museum atau objek wisata sejarah lainnya. Masyarakat bisa menyaksikan dari dekat kondisi penjara yang dibangun pada masa penjajahan Belanda itu. Terutama sel tahanan yang pernah dihuni Presiden Soekarno.

 

Kamar bersejarah tersebut memang menjadi alasan bagi masyarakat untuk mengunjungi Lapas Sukamiskin. "Baru kali ini saya bisa melihat langsung kamar tahanan yang pernah dihuni Bung Karno," ujar Lahasani, seorang pengunjung yang ditemui Jawa Pos, Rabu malam (16/1).

 

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Bandung, seolah "hidup" lagi. Rumah tahanan bagi para koruptor itu kini juga menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News