Calon Haji Lansia Berangkat Pertama

Calon Haji Lansia Berangkat Pertama
Calon Haji Lansia Berangkat Pertama
JAKARTA--Calon jamaah haji usia lanjut (lansia) yang sudah mendaftar siap-siap berangkat ke tanah suci tahun ini. Keberangkatan haji 2013 salah satunya tentang kloter khusus calon jamaah dengan usia mulai 83 tahun agar menjadi kloter pertama dan prioritas.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, mengatakan kloter lansia yang biasanya ada di urutan akhir akan maju menjadi kloter pertama dengan beberapa penyesuaian. Salah satunya durasi beribadah dikurangi menjadi antara 20 hari sampai 25 hari saja. "Lokasi (pemondokan) juga lebih dekat," ujarnya di Jakarta, Rabu (30/1).

Pemberangkatan kloter lansia ini, menurutnya, sudah dipertimbangkan matang-matang bahwa memang resikonya lebih tinggi. Maka pihaknya sudah menginformasikan kepada Kementerian Kesehatan agar menggodok segala kebutuhan untuk pelayanan kualitas terutama kualitas pelayanan kesehatan selama ibadah haji. "Belum tahu detilnya seperti apa. Tapi saya kira porsi tenaga kesehatannya bisa dua kali dari yang biasa," terangnya.

Lansia yang boleh berangkat adalah mereka yang mendaftar sampai dengan 31 Desember 2012. Kuotanya antara 2.500 sampai dengan 3.000 jamaah. Maka kantor wilayah (kanwil) Kemenag diminta untuk segera melakukan verifikasi dan mendapatkan minat atau keseriusan dari para pendaftar. Terutama melakukan pelunasan pembayaran.

JAKARTA--Calon jamaah haji usia lanjut (lansia) yang sudah mendaftar siap-siap berangkat ke tanah suci tahun ini. Keberangkatan haji 2013 salah satunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News