Rawan Konflik, Kapolda Papua Minta KPU Konsisten

Rawan Konflik, Kapolda Papua Minta KPU Konsisten
Rawan Konflik, Kapolda Papua Minta KPU Konsisten
WAMENA - Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Tito Karnavian,MA meminta agar KPU dan Panwaslu di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Papua untuk tetap bekerja secara konsisten dalam melakukan penghitungan suara di tingkat PPS, dan PPD pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubenur Papua. Penegaskan Kapolda Papua ini menyusul adanya sejumlah konflik yang terjadi di Papua pasca-Pilgub Selasa (29/1) lalu.

Berbagai peristiwa ini terjadi karena adanya pelanggaran dilakukan oleh individu atau sekelompok orang di tengah masyarakat yang berpotensi konflik. "KPU perlu melaksanakan penghitungan suara secara benar, begitu juga dengan Panwaslu jika ada pelanggaran di lapangan harus ditindak tegas. Hal itu perlu dilakukan agar peristiwa atau pelanggaran yang ada di lapangan tidak menjadi sumber konflik," ujar Kapolda kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Polres Jayawijaya, Kamis (31/1).

Kapolda menegaskan KPU dan Panwaslu dalam melaksaakan tugas dan fungsinya bukan saja fokus pada penghitungan suara secara fisik saja, tetapi perlu jeli melihat tahapan-tahapan pencoblosan hingga penghitungan suara yang terjadi di lapangan. Sebab pelanggaran ini memiliki potensi konflik yang besar dan  berdampak pada keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Pada kesempatan ini Kapolda Papua juga menegaskan kepada Polri termasuk TNI agar dalam pengamanan di setiap TPS tidak hanya sebatas pengamanan fisik saja tetapi perlu juga pengamnan penghitungan suara. Sebab jika tidak diamankan, maka ketika terjadi kecurangan hal itu akan menjadi pontensi konflik di masyarakat atau di masing-masing massa pendukung dari 6 kandidat pasangan calon gubenur dan wakil gubenur yang maju pada Pilgub Papua priode 2013-2018.

 

WAMENA - Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Tito Karnavian,MA meminta agar KPU dan Panwaslu di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Papua untuk tetap bekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News