Waspadai Katrol Nilai Rapor di SNM PTN

Waspadai Katrol Nilai Rapor di SNM PTN
Waspadai Katrol Nilai Rapor di SNM PTN
JAKARTA--Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 resmi dibuka Jumat (1/2) hingga 8 Maret depan. Panitia masih mewaspadai praktek pengatrolan nilai rapor. Para siswa calon pendaftar diminta ikut mengecek nilai rapornya yang sudah di-entry pihak sekolah di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) SNM PTN 2013.

Antisipasi praktek pengatrolan nilai rapor ini menjadi persoalan serius. Ketua panitia pusat SNM PTN 2013 Akhmaloka di Jakarta mengatakan, ada peningkatan tren kasus pengatronal nilai rapor. Pada saat SNM PTN 2011 jumlah kasus pengatrolan nilai rapor berjumlah sebelas kasus. Selanjutnya pada SNM PTN 2012 lalu, meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 23 kasus.

Pria yang juga rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan, para siswa juga harus memelototi rekaman rapor mereka di data base pendaftaran SNM PTN 2013. "Kalau merasa nilainya rendah tetapi di situ (data base, red) tinggi, silahkan lapor," kata dia.

Akhmaloka mengatakan, siswa yang rapornya dikatrol sekolah akan mengalami kerugian besar. Sebab kelulusan mereka dalam SNM PTN 2013 bisa dibatalkan. Sebagai gantinya, mereka masuk PTN melalui seleksi bersama mandiri (SBM PTN) yang dijalankan dengan ujian tulis atau seleksi mandiri internal kampus.

JAKARTA--Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 resmi dibuka Jumat (1/2) hingga 8 Maret depan. Panitia masih mewaspadai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News