Penggunaan Kondom Menurun

Penggunaan Kondom Menurun
Penggunaan Kondom Menurun
JAKARTA - Laju penularan HIV diprediksi meningkat di Indonesia. Diantara indikasinya, kesadaran menggunakan kondom di kalangan masyarakat resiko tinggi penularan HIV menurun.

Penurunan kesadaran menggunakan kondom ini terekam dalam survei terpadu biologi dan perilaku (STBP) 2007 dan 2011 Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Trend penurunan iki kita tindak lanjuti dengan sosialisasi gencar," tutur Menkes Nafsiah Mboi, Kamis (7/2).

Dalam survei itu disebutkan jika pada 2007 persentase PSK yang menggunakan kondom pada hubungan seks terakhir mencapai 68 persen. Kemudian pada 2011, persentase PSK yang menggunakan kondom turun menjadi 61 persen.

Kecenderungan tadi cukup menghawatirkan. Pasalnya hubungan seks antara PSK dengan laki-laki hidung belang tanpa menggunakan kondom, berpotensi menularkan HIV. Kemenkes telah menetapkan jika PSK dan laki-laki hidung belang adalah masyarakat resiko tinggi tertular atau menularkan HIV.

JAKARTA - Laju penularan HIV diprediksi meningkat di Indonesia. Diantara indikasinya, kesadaran menggunakan kondom di kalangan masyarakat resiko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News