Obama Tarik 34 Ribu Pasukan AS di Afghan

Obama Tarik 34 Ribu Pasukan AS di Afghan
Obama Tarik 34 Ribu Pasukan AS di Afghan
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali menegaskan komitmennya untuk segera mengakhiri Perang Afghanistan. Selasa malam lalu (12/2) atau kemarin pagi WIB (13/2), dalam pidato kenegaraan, Obama menyatakan bahwa AS hanya akan menyisakan 32 ribu serdadu tempur di Afghanistan setahun ke depan.

Pemimpin 51 tahun itu menjanjikan proses penarikan 34 ribu pasukannya akan berakhir dalam waktu 12 bulan. Saat ini, ada sekitar 66 ribu serdadu AS yang masih bertahan di Afghanistan.   

"Malam ini, saya umumkan bahwa selama satu tahun ke depan, 34 ribu serdadu AS akan kembali dari Afghanistan. Proses penarikan pasukan itu bakal terus berlanjut sampai pada akhir tahun depan. Pertempuran kita di Afghanistan akan berakhir," papar Obama dalam pidato State of Union.

 

Rencana penarikan pasukan itu sekaligus membuktikan kesungguhan pemerintahan Obama mengakhiri Perang Afghanistan. Tokoh kelahiran Hawaii itu telah memutuskan untuk tidak akan melanjutkan misi militer AS yang sudah berlangsung sejak 2001 atas masukan berbagai kalangan.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali menegaskan komitmennya untuk segera mengakhiri Perang Afghanistan. Selasa malam lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News