Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia

Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia
Pernikahan Dini Tertinggi di Indonesia
BANJARMASIN – Meski sebagai salah satu provinsi yang cukup maju, Kalsel ternyata memiliki prestasi yang tidak menggembirakan. Sebagai provinsi tertua di Kalimantan, secara persentase pernikahan usia muda yang tertinggi se-Indonesia. Provinsi ini menduduki peringkat pertama dengan 18 persen dari total pernikahan di Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel Sunarto mengungkapkan, pernikahan usia muda di Kalsel merupakan tertinggi. Perkawinan usia muda sendiri yakni umur 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun laki-laki.

"Perkawinan usia muda tertinggi karena pemahaman orangtua dan anak masih rendah tentang arti perkawinan. Bahkan 80 persen penyebabnya dikarenakan dorongan dari orangtua," kata Sunarto.

Ia menjelaskan, banyak ditemukan pasangan muda berusia 18 tahun ke bawah dan sebagian besar pasangan usia dini dikategorikan berekonomi kurang mampu atau menggantungkan hidupnya dengan orang tua.

BANJARMASIN – Meski sebagai salah satu provinsi yang cukup maju, Kalsel ternyata memiliki prestasi yang tidak menggembirakan. Sebagai provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News