Banyak Eksportir Belum Mau Catatkan Devisa

Banyak Eksportir Belum Mau Catatkan Devisa
Banyak Eksportir Belum Mau Catatkan Devisa
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat masih banyak perusahaan belum melaporkan Devisa Hasil Ekspor (DHE), khususnya di bidang sektor minyak dan gas. Padahal sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 13/20/PBI/2011 tentang Penerimaan Devisa Hasil Ekspor dan Penarikan Devisa Utang Luar Negeri, eksportir wajib untuk melaporkan devisanya.

"Saya kira banyak perusahaan yang belum melaporkan DHE, pokoknya campur dan bervariasi. Ada yang dari migas, ada juga yang dari umum," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (15/2).

Halim menegaskan, dalam PBI itu sudah jelas diatur bahwa perusahaan harus melaporkan DHE sesuai dengan ketentuan dan syarat yang ada di perbankan. Jika perusahaan tidak mau melaporkan, kata Halim, eksportir itu harus melaporkan DHE melalui bank dalam negeri.

"Ini penting dalam memantau besaran ekspor kita, agar statistik kita dalam mengambil kebijakan yang lebih baik. Kalau ada perusahaan yang tidak mau membantu kepentingan, yah susah juga," tukas Halim. (chi/jpnn)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat masih banyak perusahaan belum melaporkan Devisa Hasil Ekspor (DHE), khususnya di bidang sektor minyak dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News