Cegah Berhubungan Sex demi Roh Karya

Cegah Berhubungan Sex demi Roh Karya
EKSPLORASI: Selain lukisan kanvas, eco art juga memanfaatkan model untuk body painting. FOTO: PANDJI / JAWA POS
SEBAGAI lelaki normal, para pelukis yang sering melakukan nude painting pasti pernah tergoda oleh kehadiran model telanjang yang menjadi objeknya. Itu pula yang dirasakan pelukis beraliran exo-art, Muit Arsa. Namun, kedewasaan dan pemikiran dari masing-masing pelukislah yang mampu menjaga agar mereka selalu berada dalam koridor profesionalisme.

"Karena kalau sudah tidak terkontrol, hasil lukisan itu akan rusak dan tidak memiliki roh," katanya.

Menurut pria yang juga ketua Kosmubaya (Komunitas Seniman Muda Surabaya) itu, para perupa harus cakap memosisikan diri. Termasuk ketika melukis model telanjang. "Mereka adalah objek lukisan dan fantasi kita dalam menghasilkan suatu karya indah. Jadi, nggak boleh neko-neko," jelasnya.

Berkaca pada pengalamannya sendiri, Muit juga pernah tergoda oleh kehadiran model. Biasanya dia langsung keluar dari ruangan untuk sejenak me-refresh pikiran. "Biasanya saya selingi dengan merokok dan minum kopi pahit. Satu dua batang sudah cukup untuk mengembalikan konsentrasi," jelasnya.

SEBAGAI lelaki normal, para pelukis yang sering melakukan nude painting pasti pernah tergoda oleh kehadiran model telanjang yang menjadi objeknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News