Sabtu, 30 Agustus 2014 | 21:30:13
Home / Jabodetabek / Perpanjang SIM Wajib Ujian Teori dan Praktik

Selasa, 19 Februari 2013 , 03:51:00

UPAYA kepolisian meningkatkan pengawasan kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) pengendara kendaraan bermotor terus digenjot. Tak seperti sebelumnya, permohonan perpanjangan SIM hanya dibebankan biaya adiminstrasi saja. Mulai 1 Maret 2013 nanti, kepolisian mewajibkan pemohon perpanjangan SIM untuk mengikuti uji teori dan praktek ulang, layaknya membuat SIM baru.

“Mekanisme baru perpanjangan masa berlaku SIM ini sejatinya sama seperti syarat perpanjangan sebelumnya. Hanya saja, pemohon perpanjangan SIM yang sudah lewat dari masa aktifnya diwajibkan mengikuti ujian teori dan praktek ulang. Kalau belum lewat batas masa aktif, perpanjangan SIM tetap seperti biasa, tanpa ujian lagi,” ujar Perwira Administrasi, (Pamin SIM) Satpas SIM Polda Metro Jaya, Inspektur Satu (Iptu) Efri, SE ketika ditemui wartawan, Senin(18/2).

Hal itu sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 Tahun 2012, tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan ketentuan diberlakukannya uji teori dan praktek ulang, pengendara diharapkan dapat meningkatkan awarness (kepedulian) terhadap perpanjangan SIM sebelum habis dari masa berlaku yang tertera pada kartu.

Berdasarkan undang-undang ketentuan baru tersebut berlaku mulai 1 Maret 2013 nanti. Menurut Efri, hal itu ditujukan untuk memperbarui kompetensi pengendara kendaraan bermotor. “Jadi setiap lima tahun sekali, tak hanya administrasi pengendara, tapi kompetensi berkendara juga perlu diuji ulang. Masa berakhir itu biasanya ditandai dengan tanggal lahir si pemilik. Cukup mudah untuk mengingatnya,” tuturnya.

Untuk wilayah DKI Jakarta, pemohon perpanjangan SIM yang sudah kadaluarsa (mati) diwajibkan mendatangi kantor Satuan Pelayanan Administrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas) Polda Metro Jaya yang berlokasi di Daan Mogot Jakarta Barat. Sementara, pelayanan Simling (SIM Keliling) hanya berlaku bagi pemohon yang memperpanjang sebelum masa aktif berakhir. “Lewat dari sehari, berarti harus ke Satpas, tidak bisa melalui Simling,” imbuhnya.

Perpanjangan SIM yang habis masa berlakunya dikenai beban biaya yang setara dengan pembuatan SIM baru, untuk SIM A senilai Rp 120 ribu, dan SIM C Rp 100 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan SIM sebelum masa berlakunya berakhir dikenai biaya Rp 80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C. Efri menerangkan, SIM dikatakan habis (mati) apabila lewat dari ketentuan tanggal yang tertera dalam masa berlaku SIM.

“Sebelumnya kepolisian masih memberikan batas toleransi untuk memperpanjang SIM dalam waktu 1 tahun berjalan dari tanggal masa berakhirnya SIM. Kini lewat sehari saja dikategorikan mati dan untuk perpanjangannya wajib mengikuti uji teori dan praktek ulang,” tegasnya.

Terhadap aturan baru tersebut, kepolisian menyarankan permohonan perpanjangan SIM sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. “Bahkan permohonan perpanjangan dari empat bulan sebelum masa aktif berakhir pun tetap diterima,” tukasnya.

Di sisi lain, terkait mekanisme baru permohonan perpanjangan SIM tersebut menimbulkan pro kontra di antara pengendara kendaraan bermotor. Menurut Iman, 33, ketentuan tersebut justru malah mempersulit kepemilikan SIM. Sebab tidak semua orang memilik waktu luang yang cukup untuk memperpanjang SIM jika diwajibkan melewati tahapan uji teori dan praktik. “Tadinya masyarakat sangat mengandalkan keberadaan Simling. Dengan aturan baru tersebut jelas mempersulit,” katanya. (asp)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 18.07.2014,
        17:26
        jeffrey
        betul bu @tetha, kita seperti di bodoh2in, karena pembayaran di samsat corner sun plaza medan tidak ada resi, dan biaya lain dr yg diinfo resmi.
      2. 30.06.2014,
        10:19
        Ayunda
        Banyak undang2 banyak ketentuan
        Kalau salah pasti di adili
        Tp kalau buat peraturan seenake udele
        Jujur saya kecewa, sudah pengen memperpanjang sim tp peraturannya begini....
        Yowes lach nunggu ada operasi ae....
        Sekalian nek entek akeh From mobile
      3. 25.06.2014,
        01:20
        awesome seo
        oA5ihQ Im thankful for the blog post.Much thanks again. Fantastic. From mobile
      4. 14.04.2014,
        02:48
        moe
        Sy kerja diluar kota JKT kurang lebih 6 bulan, baru tau klo SIM sy mati, kalau sy tau bisa urus dikota tmpt sy kerja kan g jadi ribet spt ini
      5. 29.01.2014,
        22:34
        Tono
        Kapolre tahu gak ya.anak buahnya pada praktek calo di wilayah kerjanya?...itu merugikan masarakat.kalau niatnya membantu ya tanpa pamrih.
      6. 29.01.2014,
        00:18
        tono
        sbenarnya kalau mau perpanjan SIM itu gampang dan mudah. sama kaya kita setor uang ke bank. yang jadi masalah banyak yg mau cari keuntungan.
      7. 12.12.2013,
        13:18
        CHESTA
        kalau saja memperpanjang SIM bisa dilakukan di luar daerah,tentu tidak merepotkan pemohon. aturan yang ruwet.
      8. 29.11.2013,
        08:30
        wendi cater
        Saya kecewa dengan pelayanan sim b1 polres bogor saya perpanjang sim untuk kelengkaan diri udah ada aturan klu pengendara harus memiliki sim tp klu di persulit saya sangat kecewa jdnya belum tentu saya perpanjang sim b1 bawa mobil dengan beban di atas 3500.kl orang sehari hari saya bawa mobil kecil itu jg mobil saya sendiri sy jd kecewa dengan perlakuan petugas di polres bogor seperti ngebeda bedain tentang perpanjangan sim From mobile
      9. 29.11.2013,
        08:20
        wendi cater
        Kemarin saya perpanjang sim b1 mutasi berkas udah saya cabut buat mutasi dari jakarta ke polres bogor sim saya belum mati malah harus ikut tes simulator sedangkan pernah saya tanya tidak usah ikut tes lagi kalau sim nya masih hidup apa ini hanya akal akalan polisi aja agar kita yg udah punya sim b1 di persulit ya kayak nggak tau n kayanya orang yg punya sim b1 orang beok semua ya adahal kita cuma ikut aturan agar pengendara bermotor itu harus punya sim padahal kita td bawa truk From mobile
      10. 31.10.2013,
        23:38
        tetha
        Perpanjang sim c blm mati 150 rb, periksa kesehatn mata 28 rb semua tanpa tanda terima pembayaran resmi.
        Pengurusan di lanta LG sun pLaza
        medan