Perbankan Syariah Ramaikan Pembiayaan Emas

Perbankan Syariah Ramaikan Pembiayaan Emas
Perbankan Syariah Ramaikan Pembiayaan Emas
SURABAYA--Emas adalah salah satu portofolio investasi. Sifatnya yang likuid membuat banyak orang meliriknya. Ini yang membuat perbankan syariah ramai-ramai meluncurkan program pembiayaan kepemilikan emas (PKE).

Pemimpin Kantor Cabang BNI Syariah Dharmawangsa Pitra Ardiati mengatakan produk ini baru dirilis pada awal bulan ini. Adanya PKE ini maka, gadai emas tidak diperbolehkan untuk pembelian emas baru. "Dulu orang yang belum punya emas bisa ikut gadai. Sekarang, emas harus ada baru gadai," paparnya, Selasa (19/2).

Wanita yang akrab dipanggil Pipit menyebut pihaknya menargetkan PKE Rp 15 miliar dalam setahun ini. Nilai yang sama untuk cabang Bukit Darmo Boulevard. DI Surabaya BNI Syariah hanya memiliki dua cabang. "Jadi, total Rp 30 miliar," ujarnya.

Bank Indonesia (BI) telah memberikan guidance untuk PKE ini. Akad menggunakan murabahah, seperti KPR syariah. Nilai pembiayaan maksimal Rp 150 juta, tenor terlama lima tahun, serta uang muka minimal 20 persen. "Margin fixed sesuai masa pembiayaan," kata Pipit.

SURABAYA--Emas adalah salah satu portofolio investasi. Sifatnya yang likuid membuat banyak orang meliriknya. Ini yang membuat perbankan syariah ramai-ramai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News