Jumat, 25 April 2014 | 14:13:48

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Home / Pendidikan / UN 2013 Diperketat Dinilai Bukan Solusi

Rabu, 20 Februari 2013 , 22:35:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 bakal mampu menekan angka kecurangan. Jumlah variasi paket soal yang hingga 20 paket untuk setiap ruang ujian yang diisi 20 peserta, diyakini akan sulit diakal-akali.

Namun Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo punya pendapat lain. Menurutnya, banyaknya variasi soal UN justru menunjukkan rendahnya kepercayaan Kemendikbud terhadap sekolah.

"Pengawasan ditingkatkan, variasi soal ditambah jadi 20. Ini kemunduran kepercayaan kepada keluarga sekolah. Artinya ini bukan peningkatan tapi pengikatan," kata Sulistyo di Jakarta, Rabu (20/2).

Kalau di luar negeri seperti di Amerika, kata Sulistyo, justru pengawas dihilangkan, dan yang ditumbuhkan adalah kesadaran murid untuk kerja mandiri dan tidak nyontek, sehingga orang malu untuk menyontek.

Karena itu pihaknya menilai pemerintah tidak ikut mendorong tumbuhnya kepercayaan dan kesadaran itu dengan berbagai cara, tapi malah menambah pengawasan, membuat soal yang bervariasi.

"Ini bukan membuat kesadaran siswa semakin baik, tapi malah membuat siswa semakin tertantang untuk menyiasati," ujar dia.

Meski proses menumbuhkan kesadaran siswa dalam melaksanakan UN itu bukan proses mudah dan butuh waktu lama, seharusnya itulah yang seharusnya ditumbuhkan pemerintah.

"Ke depan pemerintah harus membangun sistem kepercayaan dan kesadaran dalam pelaksanaan UN, karena UN merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, selain meningkatkan pengawasan dan variasi soal UN untuk meminimalisir kecurangan, lembar pertanyaan dan jawaban UN 2013 dijadikan satu kesatuan dan menggunakan barcode. (fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 07.04.2014,
        03:29
        check this out now
        1OKvGd Fantastic blog article.Really looking forward to read more. Much obliged. From mobile
      2. 11.04.2013,
        14:36
        egi setiawan BOGOR
        okey, simple aja ya temen2
        UN 20 paket, ga masalah buat org yg emang giat belajar,
        Lu semua yg panik disini, gua yakin lu itu udah ketergantungan buat nyontek.
        UN bentar lagi nih, lu semua yg ketergantungan nyontek mending belajar deh mumpung ada waktu. Trus doa, minta doa dari orang tua

        Andaikan lu ga lulus, udah belajar, di hari H lu ga bisa nyontek/dpt bocoran itu nasib,
        Terserah ente deh kalo dinyatakan lulus/tidak lulus
        Lu mau bunuh diri kek, lu mau jadi pengangguran kek, lu mau ngulang setahun lagi kek, atau lu mau jadi preman/gembel kek, ga ada yg peduliin itu selain orang tua lu!!!

        Lebih bagus sih lu ngulang 1 tahun lg dgn sungguh2 belajar dan jgn ketergantungan nyontek! (itupun kalo ortu punya biaya)
        Bagi yg gapunya biaya? Yaudah terima aja nasib jelek lo itu, ribet banget sih!

        Atau ada 1 cara lagi nih:
        Lu ke oknum yg kerjaannya bikin ijazah palsu.
        tinggal bayar berapa juta/puluh juta, urusan lu beres! buat yg punya duit aja
        Yg gapunya duit? ky yg gua bilang, terima aja nasib jelek lo!! Nikmatin hidup lo itu deh.
        Atau bunuh diri langsung dari gedung bertingkat? Boleh juga, tp saran gua lu kegedung yg bener2 tinggi, dan pastiin pas lu mendarat lu langsung mati!

        Pemerintah sih cuma bisa bikin kebijakan, jadi lu semua ya terima aja, itu positif kok. Biar lu itu pada belajar yg bener, jgn nyontek mulu

        Pemerintah pun ga peduli apa kelebihan/bakat lu,
        Misal: lu emg ga punya insting di dunia pendidikan yg pelajarannya banyak, tapi pasti ada 1 bakat lu kan? Pemerintah tuh ga peduli sama bakat lu, pokonya mereka kepinginnya sih lu bisa lakuin apa yg dia inginkan.

        Yah gpp deh misal lu jadi gembel setelah ga lulus UN. Asal jgn menduakan allah, sesuai janjinya, sedosa apapun lo, asal ga musryik, itu dijamin masuk surga saat kiamat kelak. Kalo lu percaya itu, gua yakin lu bakal santa hadepin nya.
        So hidup itu pilihan, lu tinggal pilih jalannya. Dan lu juga yg rasain perjalannannya

        Cukup segitu aja dari gue, semoga jadi suatu pencerahan buat lu, inget surga di telapak kaki ibu. Inget kiamat bro! Jgn bunuh diri ya, gua jg pesimis ga lulus, tp tetep usahalah! Kuncinya itu usaha sabar dan berdoa!!!!
        So, semoga kita lulus 100% From mobile
      3. 05.04.2013,
        15:28
        hid madiun
        un jawab kunci ,smk ae, 15 april 2013
      4. 01.04.2013,
        22:01
        selma
        UN itu tambahan pendapatan untuk pemantau dari perguruan tinggi
      5. 30.03.2013,
        16:53
        Jackson
        Saya akan DEMO jika banyak siswa yang tidak lulus UN .
        Siswa belajar di bangku smp/sma selama 3 tahun, rasakan perasaan jika hasil akhirnya siswa tidak lulus.
        Para siswa bukan LADANG UANG untuk oknum tidak bertanggung jawab. From mobile
      6. 19.03.2013,
        15:59
        ley wandes
        knp sih masih diadakan un, 20 pkt pula lg bukannya dr dlu un di rencanakan utk di tiadakan krna bnyk org yg gak lulus tu bunuh diri saat pengumuman un di beritahu apalagi skrg dtmbh mnjd 20 paket pasti bnyk yg gak lulus kta jga yg mlu nntinya d ngara lain From mobile
      7. 10.03.2013,
        23:37
        Deka
        .jika soal UN 20 paket, tingkat kelulusan akan mnurun drastis. Maka tingkat penganggura akan smakin besar..

        .coba pemerintah memikirkan ini baik2 karna saya juga murid SMA kls 3.. From mobile
      8. 09.03.2013,
        21:28
        Ega
        20 paket? bagaimana ngisi LJK dgn bener? kan prcuma jwbn bener semua tpi LJK salah tetep ga lulus ! siswa dibuat stres! kami jg manusia pak/bu
      9. 07.03.2013,
        15:08
        ney
        pemerintah kita itu sudah buta dan tuli. jadi gak ada satupun rakyat yang didengar!
      10. 06.03.2013,
        09:38
        Dhewy
        20 pakett bkin kiita jdii stress ,, tlong kahh jgn 20 pkett .

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player