Jeddah Bikin Menara Setinggi 1 Km

Jeddah Bikin Menara Setinggi 1 Km
MENJULANG: Kingdom Tower setinggi satu kilometer di Jeddah. FOTO: Ist
JEDDAH - Persaingan bergengsi dalam membangun pencakar langit di dunia kian seru. Arab Saudi segera membangun Menara Kerajaan atau Kingdom Tower setinggi satu kilometer di Jeddah. Kelak menara tersebut menjadi bangunan terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa di Dubai.

Perusahaan Inggris Mace yang pernah membangun Shard Saudi, menara tertinggi di Eropa, telah menandatangani kontrak pembangunan Kingdom Tower. Nilai kontrak itu GBP 780 juta (Rp 11,5 triliun). Mace juga pernah membangun sejumlah menara yang menjadi tetenger paling terkenal di London seperti London Eye.

Perusahaan tersebut bakal bekerja sama dengan EC Harris, perusahaan konstruksi asal Inggris, untuk membangun menara terbesar itu. Pembangunan ditarget rampung 2018.

Kingdom Tower yang akan dibangun di lahan 500 ribu meter persegi itu berhadapan langsung dengan Laut Merah dan diperkirakan mengambil alih gelar menara tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai. Menara yang semakin tenar saat menjadi salah satu lokasi syuting film aksi Mission Impossible 4 tersebut berdiri setinggi 828 meter.

JEDDAH - Persaingan bergengsi dalam membangun pencakar langit di dunia kian seru. Arab Saudi segera membangun Menara Kerajaan atau Kingdom Tower

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News