Astronom Luncurkan Teleskop Terkecil di Dunia

Astronom Luncurkan Teleskop Terkecil di Dunia
Astronom Luncurkan Teleskop Terkecil di Dunia
TORONTO - Ilmuwan di University of Toronto Institute for Aerospace Study (UTIAS) meluncurkan teleskop terkecil di dunia yang diberi nama BRIght Target Explorer (BRITE). Peluncuran teleskop ini bertujuan untuk mendorong batas-batas astronomi.

BRITE memiliki berat kurang dari 15 kilogram dan merupakan bagian dari misi baru yang menunjukkan bahwa teleskop ruang angkasa ini  dapat dikembangkan dengan cepat oleh sebuah tim kecil. Biayanya pun tak menyedot keuangan universitas.

Teleskop ini dirancang berbiaya murah oleh laboratorium penerbangan angkasa (SFL) dari University of Toronto Institute Aerospace studi (UTIAS).

Menurut laman redorbit, Senin (24/2), teleskop nano-satelit seperti BRITE sebelumnya hanya digunakan untuk mempelajari kontur bumi dan eksperimen teknologi baru. Namun, para ilmuwan yang berencana membangun modul masa depan ruang angkasa berpenghuni mengatakan, BRITE memiliki potensi untuk membuka pasar yang sama sekali baru dari teknologi berbiaya rendah dengan kinerja tinggi.

TORONTO - Ilmuwan di University of Toronto Institute for Aerospace Study (UTIAS) meluncurkan teleskop terkecil di dunia yang diberi nama BRIght Target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News